news1
2017-05-31 06:54:17

Investasi merupakan salah satu kegiatan dan ativitas yang berhubungan dengan finansial dan ekonomi, yang secara garis besar dilakukan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Dalam dunia investasi reksadana tentu Anda akan mengenal manajer investasi. Tentunya manajer investasi sangat berperan penting dalam investasi Anda, karena manajer investasi juga yang akan membantu Anda dalam menentukan profit yang akan didapat.

Namun dalam memilih manajer investasi  pun kita perlu teliti. Jangan menjadi investor yang terjebak dengan investasi bodong. Ada baiknya kita cermat dalam memilih manajer investasi, agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Periksa Legalitas
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa legalitasnya, yaitu dengan memastikan perusahaan tersebut terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, dan juga Otoritas Jasa Keuangan.
  2. Melihat Pengalaman
    Lihat pengalaman dari manajer investasi yang akan Anda pilih. Manajer investasi yang bagus bisa dibuktikan dengan pengalamannya mengelola modal investor setidaknya manajer investasi telah berkecimpung lama dalam dunia investasi.
  3. Track Record
    Banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksadana tetapi tidak semuanya menjamin uang Anda akan meningkat. Jangan segan untuk meminta portofolio hasil investasi yang pernah dikelola, untuk melihat kinerja manajer investasi. Jangan pula tergiur iming-iming manajer investasi yang mampu memberikan return yang tinggi padahal kinerjanya kurang bagus di masa lalu. Walaupun pengalaman masa lalu tidak dapat menjadi patokan masa depan secara akurat, namun setidaknya perusahaan yang memiliki track record yang bagus akan memiliki perilaku yang baik juga di masa depan, apalagi perusahaan yang mempunyai nama besar, tentunya mereka tak mau mempertaruhkan nama baiknya.
  4. Gaya Investasi
    Selain Anda memiliki profil investasi tersendiri, manajer investasi pun memiliki gaya investasi yang berbeda pula. Ada manajer investasi yang tercatat mampu menghasilkan imbal balik tinggi, tapi cenderung suka mengambil risiko yang tinggi pula dalam mengelola dana investor. Maka, sangatlah penting untuk memilih gaya investasi yang cocok dengan profil risiko Anda. Bila Anda orang yang mencari aman, maka pilihlah manajer yang bermain aman pula, sebaliknya bila Anda termasuk tipe berani, pilihlah manajer investasi yang moderat.
  5. Tranparasi Masalah Biaya
    Dalam dunia investasi reksadana harus ada transparasi biaya antara investor dan Manjer investasi, Biaya ini meliputi pembelian, pengelolaan, dan penarikan reksa dana. tarif tinggi manajer investasi tidak menjamin kelihaian manajer tersebut. Tapi kebanyakan manajer investasi yang kredibel memang memasang tarif tinggi.
  6. Pilih Kualitas Layanan Terbaik
    Cara terakhir untuk memilih manajer investasi terbaik adalah dengan memilih perusahaan yang memberikan layanan terbaik dan respon yang bagus. Tiada yang lebih baik selain merasakannya sendiri. Untuk menghindari risiko kerugian yang besar, maka Anda dapat memulai investasi reksadana dari modal seminim mungkin. Dengan demikian Anda akan merasakan kualitas pelayanan termasuk dapat memeriksa laporan kinerja sekarang ini agar Anda dapat yakin dalam memilih manajer investasi terbaik.