news1
2017-06-06 04:50:54

Tidak sedikit orang memilih untuk berinvestasi dengan harapan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tetapi Anda perlu ingat bahwa investasi selalu memiliki risiko di dalamnya. Walaupun memiliki risiko, masih banyak orang yang memilih untuk berinvestasi dalam beberapa bidang, salah satunya saham. Saham banyak dipilih karena dianggap mampu memberikan keuntungan yang besar dalam jangka panjang. Anda tertarik untuk ikut berinvestasi saham tetapi masih bingung bagaimana cara memilainya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi saham.

  1. Pahami Saham
    Untuk memulai investasi apapun, Anda harus paham betul tentang dunia baru yang ingin Anda pilih seperti saham. Anda perlu memahami keuntungan dan risiko yang biasa terjadi di dalam investasi saham, tujuannya agar Anda lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya, karena semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang mungkin terjadi.
  2. Pilih Perusahaan Sekuritas
    Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara untuk Anda melakukan jual beli saham dan untuk membantu membuka rekening saham di BEI, untuk itu Anda perlu memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya. Pilih perusahaan yang terdaftar di BEI dan punya reputasi yang baik, pahami juga tentang layanan dan biaya yang di tetapkan perusahaan sekuritas.
  3. Memilih Saham
    Setelah Anda memiliki rekening saham, selanjutnya Anda dapat membeli saham. Sebelum membelinya, jangan lupa pilih saham yang paling menguntungkan namun memiliki risiko yang rendah. Anda dapat melihat kondisi perusahaannya, grafik harga saham, dan juga dapat meminta masukan dari perusahaan sekuritas Anda untuk memilih saham terbaik.
  4. Membeli Saham
    Tahap selanjutnya adalah membeli saham yang telah Anda pilih, Anda dapat membeli melalui broker untuk membeli saham yang Anda inginkan atau dapat membelinya sendiri melalui Sistem Trading Saham Online. Biasanya perusahaan sekuritas memiliki sistem trading sendiri yang bisa Anda download, dan Anda dapat mengetahui pergerakan saham dari perusahaan peserta.
  5. Pantau Pasar
    Perdagangan saham ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, dan keamanan serta masih banyak faktor lainnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda memantau kondisi pasar. Anda harus belajar mencermati fluktuasi harga saham, tujuannya agar Anda mendapatkan keuntungan dari investasi saham karena Anda tahu kapan harus membeli dan menjual saham agar mendapat keuntungan yang maksimal.