GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG)

UNSUR-UNSUR GCG DAN HASIL PENILAIAN CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI)

Landasan pelaksanaan penilaian GCG di Perusahaan mengacu pada pernyataan tersirat dari Anggaran Dasar Perusahaan, dan sesuai dengan Pedoman Penilaian Pelaksanaan Tata Kelola Terintegrasi pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 15/SEOJK.03/2015. Pelaksanaan GCG di Mandiri Sekuritas berlandaskan 5 (lima) prinsip dasar, yakni:

  • Transparansi (transparency) yaitu keterbukaan dalam mengemukakan informasi yang material dan relevan serta keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan;
  • Akuntabilitas (accountability) yaitu kejelasan fungsi dan pelaksanaan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaannya berjalan secara efektif ;
  • Pertanggungjawaban (responsibility) yaitu kesesuaian pengelolaan perusahaan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip pengelolaan perusahaan yang sehat;
  • Independensi (independency) yaitu pengelolaan perusahaan secara profesional tanpa pengaruh/ tekanan dari pihak manapun; dan
  • Kewajaran (fairness) yaitu keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya dalam rangka memastikan penerapan 5 (lima) prinsip dasar GCG sebagaimana tersebut di atas, Mandiri Sekuritas sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 15/SEOJK.03/2015 dan pedoman dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk selaku Entitas Utama melakukan penilaian sendiri (self assessment) secara berkala, meliputi 9 (sembilan) faktor penilaian pelaksanaan GCG, yaitu:

  1. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris;
  2. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Direksi;
  3. Kelengkapan dan pelaksanaan tugas Komite Tata Kelola Terintegrasi;
  4. Penerapan Satuan Kerja Kepatuhan;
  5. Penerapan Satuan Kerja Audit Intern;
  6. Penerapan Manajemen Risiko;
  7. Pedoman Tata Kelola;
  8. Penanganan benturan kepentingan;
  9. Kelengkapan dan pelaksanaan kebijakan Remunerasi.

Perangkat pedoman dan kebijakan GCG di Mandiri Sekuritas senantiasa dilengkapi dan ditinjau efektifitasnya dalam menunjang penerapan GCG secara optimal. Hingga akhir tahun 2016, Mandiri Sekuritas telah memiliki perangkat-perangkat GCG sebagai berikut:

  1. Pedoman Etika & Perilaku
  2. Pedoman Kerja Dewan Komisaris & Direksi (Board Manual)
  3. Sistem Pengendalian Internal
  4. Manajemen Risiko
  5. Anggaran Dasar
  6. Sistem pelaporan pelanggaran,
  7. Kebijakan Strategi anti Fraud,
  8. Restricted List saham yang dapat ditransaksikan oleh karyawan Mandiri Sekuritas,
  9. Surat Pernyataan Kode Etik Account Offiicer/ Sales,
  10. Annual Disclosure bagi Seluruh Karyawan,
  11. Kebijakan Penerimaan Hadiah,
  12. Kebijakan Transparansi Produk.

HASIL CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX PT MANDIRI SEKURITAS

“PT. Mandiri Sekuritas sudah dua kali mengikuti Corporate Governance Perception Index (CGPI), sebuah program riset dan pemeringkatan penerapan GCG yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG).

PT Mandiri Sekuritas berhasil memperoleh predikat “Terpercaya” untuk penilaian CGPI pada tahun 2015 dan 2016.

Proses Pelaksanaan Assessment GCG Tahun 2016

Pengukuran keberhasilan kinerja Direksi merupakan hasil kerja kolegial diseluruh anggota Direksi yang tercermin dalam satu kesatuan pada pencapaian/ realisasi atas Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). Selain itu, keberhasilan kinerja Direksi dapat diukur melalui hasil penilaian GCG. Pihak yang melakukan penilaian terhadap implementasi GCG tahun 2016 adalah induk perusahaan (PT Bank Mandiri, Tbk (Persero).

Hasil penilaian implementasi GCG Perusahaan pada tahun 2016 adalah sebagai berikut :

Struktur GCG
  • Mandiri Sekuritas telah memiliki beberapa struktur sesuai dengan best practice GCG dan pedoman dari Bank Mandiri (Pedoman Tata Kelulo Terintegrasi dari Bank Mandiri maupun Mandiri Subsidiary Management Principles Guideline), meskipun belum terdapat ketentuan umum dan ketentuan khusus dari Otoritas maupun Self Regulatory Organization (SRO) kepada Perusahaan Efek terkait GCG.
  • Pedoman tata kelola perusahaan telah mendapatkan persetujuan Direksi dan Dewan Komisaris.
Proses GCG
  • Pengawasan oleh Dewan Komisaris dan Direksi melalui pelaksanaan pengawasan oleh Komite-Komite yang dibawahi Dewan Komisaris dan Direksi telah konsisten dilaksanakan sesuai dengan Best Practice GCG, meskipun terdapat ketentuan umum dan ketentuan khusus dari Otoritas maupun SRO kepada Perusahaan Efek terkait GCG.
  • Beberapa pelaksanaan kebijakan yang disahkan pada tahun 2016, terutama pelaksanaan yang bersifat pencegahan terhadap benturan kepentingan seperti Pengiriman Kuesioner kepada Vendor, serta survey mengenai penerapan culture.
Hasil GCG
  • Mandiri Sekuritas telah mengikuti penilaian CGPI 2015 oleh IICG dengan hasil "Terpercaya" dan memperoleh penghargaan "Sustainable Finance Award" dari OJK.
  • Hingga Desember 2016, Mandiri Sekuritas menempati 10 besar dalam peringkat perdagangan saham, Obligasi dan SUN dan menjadi satu-satunya Perantara Perdagangan Efek lokal dalam Market League dimaksud.

TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN GCG 2015

Mandiri Sekuritas berusaha mempertahankan bahkan meningkatkan predikat hasil asesmen tahun sebelumnya.

Struktur Organisasi Mansek
Komposisi Pemegang Saham

Sesuai dengan Anggaran Dasar PT Mandiri Sekuritas pasal 4 maka Struktur Pemegang Saham Mandiri Sekuritas adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang memiliki 638.499.999 lembar saham atau senilai Rp638.499.999.000 (99,99%) dan Koperasi Karyawan Bank Mandiri yang memiliki 1 lembar saham atau Rp1.000 (0,01%).

Dari komposisi pemegang saham tersebut, maka seluruh Direksi dan Dewan Komisaris tidak memiliki saham di Mandiri Sekuritas.

Hingga akhir tahun 2015, selain Yayasan Karyawan Bank Mandiri, tidak terdapat pemegang saham publik yang kurang dari 5% dari total saham.

Core Values (IPTEC), Code of Conduct & Our Voice (Whistle Blowing System)

Core values are an important key-guidance for employee in behaving while dealing with consumers, fellow workers and other outside parties.

The Internal Work Culture Program Mandiri Sekuritas are programs that aim to instill the basic Work Culture values to all individuals at Mandiri Sekuritas through activities that support the improvement of company performance.

  • The Principle of equality is to provide justice and fairness in fulfilling the rights of stakeholders based on applicable laws and regulations.

CODE OF ETHICS CONTENTS

Mandiri Sekuritas Code of Conduct is a set of commitments consist of company’s and employee’s work ethics that are structured to shape, organize, and conduct behavioral compliance to achieve an appropriate corporate culture. The company's business ethics and employee’s behavior ethics are set of norms, values, and actions that are believed to be an ideal behavioral standard of the Company.

Furthermore, by applying this Code of Ethics, Mandiri Sekuritas will gains long-term benefits, which are:

  1. Employees enjoy an honest, ethical and open work environment thus, increasing productivity and overall employee well-beings.
  2. Company will gains a good reputation, protecting it from possible lawsuits and ultimately creating a more prosper and sustainable business.
  3. The general public will appreciate good relations with the Company in hope to improve social welfare and economy.

The Company’s Code of Ethics describes Company Behavior and Individual Behavior as follows:

  1. Integrity - Honest and reliable while staying committed and responsible;
  2. Professionalism - dedicated, working from the heart, and give the best contribution;
  3. Teamwork - Put forward Company's best interests and objectives;
  4. Excellence - Be open, creative and innovative, and continuously making improvement;
  5. Client Focus - Proactive and responsive, providing value-added solutions.

CODE OF ETHICS ENTITLEMENT FOR BOARD OF COMMISSIONERS, DIRECTORS, AND ALL EMPLOYEES

Mandiri Sekuritas strives to achieve sustainable business built by the Company's culture and human resources that conforms to GCG principles and the values of the Mandiri Sekuritas Code of Conduct.

The purpose of the Company's Code of Ethics is to be applicable for all components in the Company:

  1. Develop good behavior in accordance with high ethical standards for corporations, Board of Commissioners, Directors, and all employees.
  2. Develop good relationships with outside parties based on GCG principles and the value of Code of Ethics.

As part of a daily work culture, The Board of Commissioners, Board of Directors and all employees must consistently comply with the Company Code of Ethics.

In order to socialized and spread the information on Company’s Code of Ethics, what was done in 2016 were:

  1. Quick and easy access to the Company’s Rules Book through internal portal by visiting to http://ims/default.aspx;
  2. Disseminate Company’s Code of Ethics to new prospective employees;
  3. Implementation any statements related to Code of Ethics to all Marketing operational when initially working at Mandiri Sekuritas; and
  4. Implementation of Annual Disclosure related to Code of Conduct for all Mandiri Sekuritas employees.

WHISTLE BLOWING SYSTEM (OUR VOICE)

In facing the dynamics of the increasingly competitive capital market industry, Mandiri Sekuritas needs to maintain a good reputation, away from negative issues or impression caused by employees. Relating to this matter, Mandiri Sekuritas also creates a structure and a procedure of whistleblowing system named "Our Voice”; as a direct media of communication between employees and President Director in reporting fraud activities at Mandiri Sekuritas.

"Our Voice” is an effective way to improve internal management, strengthen GCG, detecting matters relating to fraud within Mandiri Sekuritas, and to create a healthier and more balance working environment that will increase employees’ morale.

Complaints Management.
Application of complaints / disclosures that includes evidence will be received by the President Director, in accordance to the Standard Operating Procedure number S.1.24 dated November 26, 2014 on the disclosure of the facts (Whistle Blower).

In a case of complaint property / disclosure related to company’s image / reputation of Mandiri Sekuritas and/or causing great loss and/or has never been acted upon by the Company, thus through the Board of Commissioners approval, Whistleblowing System investigation can cooperate together with experts or consultants (external investigators) .

Whistle Blowing System Mechanism

About Us – Profile / GCG

Visi dan Misi Mandiri Sekuritas merupakan gagasan utama yang menentukan arah Perusahaan dalam melakukan kegiatan usaha. Mengacu pada Anggaran Dasar Perusahaan serta menyerap Visi & Misi Group Bank Mandiri, maka visi misi Mandiri Sekuritas diuraikan sebagai berikut: